latar belakang personal branding arief muhammad

 

nama: amelia putri

kelas : S4A

npm : 202046500151

Latar belakang

Berkembangnya teknologi saat ini mengakibatnya berkembangnya pola komunikasi pada masyarakat, Diawal kemunculannya internet sangat cepat diterima oleh masyarakat, terbukti dengan pengguna media internet di Indonesia merupakan pengguna terbesar di dunia. Pengguna Indonesia pun masuk ke dalam lima besar negara yang paling sering menggunakan media sosial sebagai akun bisnis, bersama Amerika Serikat, Brazil, Rusia dan Inggris Raya.  Kemudahan sarana  yang diberikan, menjadikan internet sebagai sebagai media primadona di masyarakat. Internet memberikan kontribusi yang penting bagi masyarakat dengan segala manfaat yang ditawarkannya, seperti penghematan ruang waktu bahkan biaya dalam proses menujang komunikasi. Peningkatan penggunaan internet di Indonesia didominasi oleh masyarakat yang mengakses media sosial. Jumlah pengguna internet di Indonesia telah mencapai 205 juta pada Januari 2022. Ini berarti ada 73,7% dari populasi Indonesia yang telah menggunakan internet. Nilainya juga lebih tinggi 1% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Pada Januari 2021, jumlah pengguna internet di Indonesia tercatat sebanyak 203 juta jiwa. Melihat trennya, jumlah pengguna internet di Indonesia terus tumbuh setiap tahunnya. Pada 2012, jumlah pengguna internet di Indonesia hanya berjumlah 39,6 juta jiwa. Pada tahun ini, jumlah pengguna internet di dalam negeri telah meningkat lima kali lipat dibandingkan pada satu dekade lalu. Adapun, lonjakan pengguna terjadi pada 2017 di mana jumlahnya menjadi 136 juta jiwa.  Lebih lanjut, rata-rata orang Indonesia menggunakan internet selama 8 jam 36 menit setiap harinya. Selain itu, 94,1% pengguna internet di Indonesia adalah menggunakan telepon genggam. Arief Muhammad mengunakan beberapa media sosial di antaranya ada Instagram, youtube, twitter dan blog pribadinya. Kehadiran media sosial tersebut memiliki fungsi lain, yaitu selain menjadi sarana komunikasi dapat juga membangun personal branding dan brand pemiliknya. Banyak usaha rumahan yang bermunculan menggunakan media sosial sebagai sarana branding sebuah produk  dengan menggunakan jasa promosi di media sosial, banyak usaha kecil yang memiliki kemajuan yang baik di bidang usaha. Salah satu bidang usaha arief Muhammad yang mengandalkan media sosial adalah baso aci akang dan payakubuan masakan padang, trend para artis berlomba-lomba menjadi enterpreneur dan membuat usaha kuliner yang ada di Indonesia dan para artis membranding produknya dengan hanya berpromosi di media sosial, selain membranding produk, para artis juga melakukan kegiatan personal branding. Personal branding merupakan salah satu jenis kegiatan mengungkapkan aktualisasi diri sehingga dapat membentuk sebuah citra (image) atau banding sesuai yang diinginkan. Arief Muhammad adalah salah satu artis yang memulai bisnis di media sosial, arief Muhammad adalah pengguna Instagram, twitter, youtube dan blog pribadi. Dimana Instagram nya memiliki 5,3 pengikut, twitter nya memiliki 5 jt pengikut dan youtube nya memilki 3,16 jt pengikut. Pada awal nya media sosial nya hanya berisi daily vlog atau kegiatan sehari-hari arief Muhammad namun dalam media sosial nya arief menampilkan promo-promo produk kuliner yang ia jual, Kaitannya hal ini arief muhammad menggunakan media sosial yang dilakukan untuk membranding produk segaligus membentuk personal branding dirinya. Personal branding yang kuat akan membangun brand personality yang kuat dibenak masyarakat. Dengan penggunaan media sosial arief muhammad ingin membangun citra (image) melalui postingannya dalam akun media sosial nya , sehingga dilihat oleh pengikutnya dan menjadi penilaian orang yang membaca postingannya.

 

 

 

 

Usaha arief Muhammad

 

 


    

 




Thum   media sosial arief muhammad 

 


 


 

 

mnjj

 

Feed



 


 

 

 

 

 

 

Twiter

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

analisis semiotika film frida kemelut hidup pelukis legedaris

Semiotika dalam kehidupan sehari-hari

Semiotika dalam animasi