latar belakang personal branding arief muhammad
nama: amelia putri
kelas : S4A
npm : 202046500151
Latar belakang
Berkembangnya teknologi saat ini
mengakibatnya berkembangnya pola komunikasi pada masyarakat, Diawal
kemunculannya internet sangat cepat diterima oleh masyarakat, terbukti dengan
pengguna media internet di Indonesia merupakan pengguna terbesar di dunia. Pengguna
Indonesia pun masuk ke dalam lima besar negara yang paling sering menggunakan media sosial sebagai akun bisnis, bersama Amerika Serikat, Brazil, Rusia dan
Inggris Raya. Kemudahan sarana yang diberikan, menjadikan internet sebagai
sebagai media primadona di masyarakat. Internet memberikan kontribusi yang
penting bagi masyarakat dengan segala manfaat yang ditawarkannya, seperti
penghematan ruang waktu bahkan biaya dalam proses menujang komunikasi.
Peningkatan penggunaan internet di Indonesia didominasi oleh masyarakat yang
mengakses media sosial. Jumlah pengguna internet di Indonesia telah mencapai
205 juta pada Januari 2022. Ini berarti ada 73,7% dari populasi Indonesia yang
telah menggunakan internet. Nilainya juga lebih tinggi 1% dibanding periode
yang sama tahun sebelumnya. Pada Januari 2021, jumlah pengguna internet di
Indonesia tercatat sebanyak 203 juta jiwa. Melihat trennya, jumlah pengguna
internet di Indonesia terus tumbuh setiap tahunnya. Pada 2012, jumlah pengguna
internet di Indonesia hanya berjumlah 39,6 juta jiwa. Pada tahun ini, jumlah
pengguna internet di dalam negeri telah meningkat lima kali lipat dibandingkan
pada satu dekade lalu. Adapun, lonjakan pengguna terjadi pada 2017 di mana
jumlahnya menjadi 136 juta jiwa. Lebih lanjut, rata-rata orang Indonesia
menggunakan internet selama 8 jam 36 menit setiap harinya. Selain itu, 94,1%
pengguna internet di Indonesia adalah menggunakan telepon genggam. Arief Muhammad
mengunakan beberapa media sosial di antaranya ada Instagram, youtube, twitter
dan blog pribadinya. Kehadiran media sosial tersebut memiliki fungsi lain, yaitu
selain menjadi sarana komunikasi dapat juga membangun personal branding dan
brand pemiliknya. Banyak usaha rumahan yang bermunculan menggunakan media sosial
sebagai sarana branding sebuah produk
dengan menggunakan jasa promosi di media sosial, banyak usaha kecil yang
memiliki kemajuan yang baik di bidang usaha. Salah satu bidang usaha arief Muhammad
yang mengandalkan media sosial adalah baso aci akang dan payakubuan masakan
padang, trend para artis berlomba-lomba menjadi enterpreneur dan membuat usaha kuliner
yang ada di Indonesia dan para artis membranding produknya dengan hanya
berpromosi di media sosial, selain membranding produk, para artis juga
melakukan kegiatan personal branding. Personal branding merupakan salah satu
jenis kegiatan mengungkapkan aktualisasi diri sehingga dapat membentuk sebuah
citra (image) atau banding sesuai yang diinginkan. Arief Muhammad adalah salah
satu artis yang memulai bisnis di media sosial, arief Muhammad adalah pengguna Instagram,
twitter, youtube dan blog pribadi. Dimana Instagram nya memiliki 5,3 pengikut,
twitter nya memiliki 5 jt pengikut dan youtube nya memilki 3,16 jt pengikut. Pada
awal nya media sosial nya hanya berisi daily vlog atau kegiatan sehari-hari arief
Muhammad namun dalam media sosial nya arief menampilkan promo-promo produk
kuliner yang ia jual, Kaitannya hal ini arief muhammad menggunakan media sosial yang dilakukan untuk membranding produk segaligus membentuk personal
branding dirinya. Personal branding yang kuat akan membangun brand personality
yang kuat dibenak masyarakat. Dengan penggunaan media sosial arief muhammad
ingin membangun citra (image) melalui postingannya dalam akun media sosial nya , sehingga
dilihat oleh pengikutnya dan menjadi penilaian orang yang membaca postingannya.
Usaha arief Muhammad
Thum media sosial arief muhammad
Feed
Twiter
Komentar
Posting Komentar